Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sunday, January 15, 2012

Makna Sembahyang Besar Dong Zhi

Oleh Bratayana

SEMBAHYANG Besar Dong Zhi dilaksanakan pada saat musim dingin di negara yang mengalami empat musim. Sebagai salah satu sembahyang kehadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa, yang diselenggarakan diakhir tahun, tepatnya setiap tanggal 22 Desember atau tanggal 21 Desember apabila tahun kabisat, pada pagi dini hari saat Yin Shi/ Ien Si (jam 03.00 sampai dengan 05.00)Hari Dong Zhi ialah hari saat letak matahari tepat diatas garis balik 23,5 derajat Lintang Selatan. Pada saat itu dibelahan bumi utara mempunyai siang hari paling pendek dan malam hari yang paling panjang. Pada daerah-daerah utara yang mempunyai iklim subtropis dan dingin, tibalah musim dingin. Oleh karena itu pada zaman Dinasti Zhou/Ciu (1122 SM – 255 SM) saat itu dipandang sebagai hari permulaan tahun baru.

Hari Dong Zhi merupakan Sembahyang Zheng/ Cien, sembahyang ini sebagai pernyataan rasa syukur dan keyakinan atas rakhmat Tuhan, saat yang melambangkan kemuliaan, kebesaran, dan Kasih Tuhan Yang Maha Esa yang selalu menilik serta melimpahkan rakhmat perlindungan kepada umat yang telah difirmankan menetapi Kodrat Kemanusiaannya diatas dunia ini.
Hari Dong Zhi juga mempunyai makna suci khusus yang disebut hari Genta Rohani/ Mu Duo / Bok Tok, dinamakan demikian karena pada hari setelah Dong Zhi, ketika Nabi Kong Zi berusia 56 tahun, beliau meninggalkan negeri Lu / Lo, tanah kelahiranNya, meninggalkan kedudukan yang mulia, meninggalkan segala yang dimilikinya dan mulai mengembara dari satu negeri ke negeri lainyya selama kira-kira 13 tahun untuk menebarkan ajaran-ajaranNya dan membangkitkan kembali / menyempurnakan Ru Jiao/ Ji Kau/ Agama Khonghucu. Beliau menjadi Mu Duo/ Bok Tok/ Genta Rohani yang memberitakan Firman Tian bagi hidup insane diatas dunia ini.
Pada hari Dong Zhi ini pulalah Tian telah memanggil kembal Rasul Meng Zi / Bing Cu, penegak Agama Khonghucu kembali keharibaan Tian, sehingga hari yang penuh makna ini melambangkan pemula dan penggenapan Ajaran Agama Karunia Tian.
Pelaksanaan Sembahyang Besar Dong Zhi/ Tang Cik dihadapan altar Nabi Kong Zi, altar Para Suci/ Shen Ming dan altar leluhur/ Xiang Huo/ Hio Wei.
Sebagai sajian utama Sembahyang Dong Zhi adalah ronde yang berbentuk bulat, dibuat dari tepung ketan dan diberi warna merah dan putih, yang melambangkan sifat Liang Yi yang teridiri dari Yin dan Yang dan diberi kuah air jahe manis, disajikan 3 mangkok ronde, tiap mangkok diisi 12 butir ronde warna merah/ putih dan diberi sebuah ronde besar warna merah yang melambangkan berkat yang diterima sepanjang tahun.**

No comments:

Post a Comment