Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sunday, January 15, 2012

Selamat Tahun Baru 2012

Oleh: Pdt. Nico P. Gading, M.Th

DASAR renungan minggu ini dalam teks Firman Tuhan dalam Surat Yakobus 4:13-17 dengan judul perikopnya adalah “Jangan Melupakan Tuhan dalam Perencanaan.”  Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok.

Apakah Arti Hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.” Tetapi sekarang kamu memegahkan diri dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah salah.   Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi tidak melakukannya, ia berdosa”. Saudara yang dikasihi oleh Tuhan Yesus, pertama-tama kita patut dan seharusnya mengucap syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang masih memberikan kesempatan untuk memasuki tahun 2012 ini dengan sehat dan penuh sukacita, ini adalah harta yang paling berharga di mata Allah, kalau kita masih diberikan sesempatan seperti ini, dibalik semuanya itu ada maksud dan rencana Allah yang lebih baik dalam kehidupan kita.

Dalam Natal 2011 dan menyambut Tahun baru 2011 Pesan yang disampaikan oleh Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia adalah: “Bangsa yang Berjalan dalam Kegelapan Telah Melihat Terang yang Besar” yang dikutip dalam tulisan Nabi Yesaya 9:1a. Pastilah teks dan tema tersebut telah dikhotbahkan oleh para Pendeta di gereja saudara masing-masing.
Tema ini memberikan inspirasi dan motivasi serta visi yaitu di tengah tengah permasalahan yang dihadapi diri kita, keluarga, pekerjaan, dan bangsa ini dan secara khusus mayarakat Kalbar tidak pesimis, tidak apatis, penuh optimis, kreativitas, inovasi-inovasi baru, karena Yesus mengatakan bahwa di dalam kegelapan telah terbit Terang yang Besar, itu berarti ada pengharapan, ada janji yang indah, ada jaminan kepastian.
Tahun 2011 telah berlalu dan kita telah bersama-sama merefleksi diri masing-masing dan mengevaluasi apa yang terjadi dalam kehidupan kita, dan memasuki tahun 2012 ini kita pasti mempunyai komitmen, mempunyai rencana, mempunyai planning dan membuat resolusi, semoga itu semua membuat kehidupan kita mengarah kepada yang lebih baik, saya berdoa untuk semua saudara yang terbaik akan menjadi bagian kehidupan orang yang hidup benar dan mengasihi Dia.
Ada janji Tuhan untuk kita semua yang terdapat dalam Yesaya 60:1-5: “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang Tuhan terbit atasmu, dan kemuliaanNya menjadi nyata atasmu.

Dr. Michael Griffiths, dalam bukunya Ambilah Aku Melayani Engkau, berkata: “Kita punya satu hidup untuk ditempuh. Mungkin sudah kita lalui seperempat, sepertiga, setangah, bahkan mungkin lebih dari itu, Apa yang sudah kita lalui itu sudah lampau, dan takkan kembali lagi. Tetapi bagaimana dengan yang masih ada ini? Apakah yang akan kita lakukan? Marilah membuat perencanaan dalam kehidupan pribadi, studi, karir, bisnis, kehidupan keluarga dan pekerjaan di awal tahun ini, dengan mengakui kedaulatan Allah dan menundukkan diri pada kehendak Allah. Pasti Saudara Diberkati. (*)

No comments:

Post a Comment